KH Basori Alwi Singosari Wafat, Ribuan Orang Datang Melayat

 Ribuan umat Islam dari sejumlah daerah di Jawa Timur, hadir untuk bertakziyah kepada (alm) KH. M Basori Alwi, pengasuh Pondok Pesantren Ilmu Al-Quran (PIQ) Singosari Kabupaten Malang, Selasa, 24 Maret 2020. Mereka sangat kehilangan dengan sosok kiai kharismatik yang ahli dalam ilmu-ilmu Alquran itu.



Sebelum diberangkatkan di pemakaman PIQ di kawasan Dengkol Singosari, jenazah kiai berusia 92 tahun disalatkan terlebih dahulu di Masjid Hizbullah Singosari.

Sejumlah ulama dan umaro’ ikut salat jenazah. Mereka adalah Bupati Malang H.M Sanusi, Kapolres Malang, Dandim Malang serta mantan Ketua PCNU Kota Malang KH Marzuki Mustamar serta sejumlah habib dari berbagai daerah.

KH Lutfi Basori, salah satu putra almarhum dalam sambutannya menyampaikan bahwa abahnya sudah meninggalkan wasiat kepada anak cucu dan para santrinya. Saat itu dia juga membacakan wasiat-wasiat yang telah ditulis almarhum sebelum meninggal.

“Abah selalu berwasiat agar kita semua selalu bertakwa kepada Allah SWT,” ujarnya membacakan salah satu wasiat tersebut.

KH Basori Alwi wafat pada Senin, 23 Maret 2020 sekitar pukul 15.30 di kamar rumahnya di Singosari Kabupaten Malang dengan mengucap kalam ilahi. Dua hari sebelum wafat Kiai Basori sempat dirawat di Rumah Sakit Lavallete Kota Malang. Namun kemudian dibawa pulang untuk dirawat di rumah.

Sang Kiai memiliki 11 putra-putri dua di antaranya sudah meninggal dunia. Dia juga memiliki 45 cucu dan 15 buyut

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama