Hafidzoh Internasional Asal Trenggalek

 

Viral Dewi Yukha Nida, santriwati asal Jawa Timur yang memenangkan MTQ internasional di Tatarsatan Federasi Rusia. Ajang ini diselenggarakan pada 17-20 Mei dan diikuti hafidz-hafidzah negara-negara tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).


Lantas, siapa sosok sang pemenang ini? Berikut profil Dewi Yukha Nida yang berhasil suara.com rangkum.



Profil Dewi Yukha Nida

Dewi Yukha Nida atau yang akrab dipanggil Ning Nida ini lahir di Trenggalek, Jawa Timur, pada 25 Desember 1997. Ia adalah anak kedua  dari pasangan Kiai Ibnu Mu’thi dan Ibu Nyai Siti Munawarah.

Sang ayah, Kiai Mu’thi, merupakan pendiri sekaligus pengasuh PP Bahrul Ulum Kedungbajul, Ngadisuko, Kecamatan Durenan, Trenggalek.


Bakat yang dimiliki Ning Nida di bidang ilmu al-Qur’an dan tilawah mulai tampak sejak dirinya mondok di Pesantren Walisongo Cukir, Jombang.


Ia berhasil mengkhatamkan hafalan 30 juz dengan kurun waktu 1,5 tahun. Setelah itu, Ning Nida setor atau tasmi’ (memperdengarkan hafalan) kepada beberapa guru di sana.


Di antaranya kepada Ibu Nyai Ummu Habibah Utsman, gurunya di Walisongo dan KH Ahmad Syakir Ridwan, mudir (direktur) Pesantren Madrasatul Quran Tebuireng.


Ning Nida memperdengarkan hafalan sekaligus tabarukan kepada KH Najib Abdul Qadir Munawir, Krapyak. Ia juga mengambil sanad al-Qur’an kepada KH Fathoni Dimyati Mojokerto, santri Syekh Yusuf Masyar dan pendiri pesantren Madrasatul Qur’an.

Melalui praktik tasmi’ ke sejumlah ulama tersebut, ia memverifikasi atau menyahihkan bacaan al-Qur’annya. Para guru melihat Ning Nida memiliki bakat tilawah yang kemudian mendorongnya agar aktif dalam berbagai perlombaan baca al-Qur’an.

Riwayat Pendidikan Dewi Yukha Nida


Ning Nida pernah mengenyam pendidikan di SDN 1 Ngadisuko, SMP Islam Durenan, MA Perguruan Mu’allimat, dan Mahasiswi Fakultas Tarbiyah Universitas Hasyim Asy’ari. Ia menerima predikat wisudawati terbaik pada masa kelulusan di tahun 2015.


Prestasi Dewi Yukha Nida

Ning Nida berhasil meraih juara pertama berturut-turut pada MTQ tingkat nasional tahun 2018 dan 2020 dengan cabang lomba yang berbeda.


Kemudian, ia dipercaya menjadi delegasi Indonesia pada MTQ tingkat dunia pada tahun 2017 di Jordania dan 2019 di Dubai.

Prestasi lain yang pernah diraih Ning Nida adalah Juara II MTQ tingkat nasional di NTB tahun 2016, Juara II MTQ 30 juz tingkat Provinsi di Banten tahun 2016, Juara III MTQ 30 juz tingkat provinsi di Papua Barat tahun 2016, dan Juara 1 MHQ 30 Juz dan Murottal Sab’ah tingkat nasional MHQ yang diselenggarakan oleh JQHNU.

Itulah profil Dewi Yukha Nida, Dewi juara MTQ internasional di Tatarsatan Federasi Rusia yang merupakan santriwati asal Jawa Timur.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama