Jelang Perlombaan, Kafilah Jatim Maksimalkan Pembinaan


LPTQ Jatim - Jelang dimulainya pelaksanaan perlombaan yang berlangsung, Selasa (31/10/2023). Peserta Kafilah Jatim mengisi waktu luang selama masa tunggu perlombaan dengan memaksimalkan pembinaan.


"Pembinaan dilakukan secara maksimal sebagai ikhtiar untuk terus memotivasi peserta agar bisa tampil dengan kepercayaan diri yang tinggi, karena mereka telah berupaya belajar dengan maksimal," terang Muhammad Isa, Sekretaris LPTQ Jatim, Selasa (31/10/2023) ditemui di Rumah Kito Jambi.


Dikatakannya, dalam sehari peserta Kafilah Jatim rata - rata menjalani pembinaan minimal tiga kali pertemuan, yakni setelah Sholat Subuh, pagi hari hingga sebelum Sholat Dhuhur dan malam hari setelah Sholat Isya'. "Waktu pembinaan ini juga tentatif menyesuaikan kesediaan pembina dan peserta," terangnya.


Pembinaan membantu peserta memperbaiki dan memantapkan kualitas bacaan mereka. Ini termasuk pengucapan yang benar, tajwid, serta memahami makna dan tafsir ayat-ayat yang dibacakan.


"Dengan pembinaan, peserta dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan yang mungkin terjadi dalam bacaan mereka. Hal ini dapat menghindari kesalahan yang dapat mengurangi nilai dalam penilaian," katanya.


Kegiatan pembinaan juga membantu peserta mengurangi tekanan dan stres yang mungkin timbul saat berlomba. Mereka akan lebih siap secara mental dan emosional. (LPTQ Jatim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama